0

Bentuk Panggul

 
Menurut Caldwell-molloy panggul dibagi menjadi empat bentuk
(Prof. Sulaiman Sastrawinata, 1983: 40-43) , yaitu:

1.    Panggul gynecoid
Bentuk ini adalah yang khas bagi wanita. Diameter sagittalis posterior hanya sedikit lebih pendek dari diameter sagittalis anterior. Batas samping segmen posterior membulat dan segmen anterior juga membulat dan luas. Diameter transversa kira-kira sama panjangnya dengan diameter antero posterior hingga bentuk pintu atas panggul (PAP) mendekati bentuk lingkaran (bulat).Dinding samping panggul lurus, spina ischiadica tidak menonjol, diameter inter spinalis 10 cm atau lebih. Incisura ischiadica major bulat. Sacrum sejajar dengan symphysis dengan konkavitas yang normal. Arcus pubis luas.

2.    Panggul android
Diameter sagittalis posterior jauh lebih pendek dari diameter sagittalis anterior. Batas samping segmen posterior tidak membulat dan membentuk sudut yang runcing dengan pinggir samping segmen anterior. Segmen anterior sempit dan berbentuk segitiga. Dinding samping panggul convergent, spina ischiadica menonjol, arcus pubis sempit. Incisura ischiadica sempit dan dalam. Sacrum letaknya ke depan, hingga diameter antero posterior sempit pada pintu atas panggul (PAP)  maupun pintu bawah panggul (PBP). Bentuk sacrum lurus, kurang melengkung, sedangkan ujungnya menonjol ke depan.

3.    Panggul anthropoid
Diameter antero posterior dari pintu atas panggul (PAP) lebih besar dari diameter transversa hingga bentuk pintu atas panggul (PAP) lonjong ke depan. Bentuk segmen anterior sempit dan runcing. Incisura ischiadica major luas. Dinding samping convergent, sacrum letaknya agak ke belakang hingga ukuran antero posterior besar pada semua bidang panggul. Sacrum biasanya mempunyai enam ruas, hingga panggul anthropoid lebih dalam dari panggul-panggul lain.


4.    Panggul platypelloid
Bentuk ini sebetulnya panggul ginecoid yang picak; diameter antero posterior kecil, diameter transversa biasa. Segmen anterior lebar. Sacrum melengkung. Incisura ischiadica lebar.


sumber
Sastrawinata, Sulaiman. 1982. Obstetri  Fisiologi. Bandung. Eleman.
Ayurai. 2009. Anatomi Tulang Panggul. www.google.com. 09 Maret 2011
American Heritage Dictionary. Topic Pelvis. www.answers.com. 09 Maret 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top Enjoy to My Blog, Guyss!^^