0

Biostatistika

Definisi
    Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). 

    Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. 

Beberapa istilah statistika antara lain: 
  1. populasi
  2. sampel
  3. unit sampel
  4. probabilita
Statistika adalah sekumpulan konsep dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data tentang bidang kegiatan tertentu dan mengambil kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi.

Biostatistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan,menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.

Macam Statistik 
  1. Pembagian statistik (A)
    • Statisik Deskriptif: bagaimana data dikumpulkan dan disajikan
    • tatistik inferensi: bagaimana menganalisis data dan menginterpretasikan hasilanalisis tersebut.
  2. Pembagian statistik (B)
    • Statistik parametrik : berhubungan dengan inferensi statistik yang membahas parameter- parameter populasi seperti rata-rata proporsi, dan lain- lain. Denganciri–ciri parametrik adalah jenis data interval atau rasio serta distribusi data(populasi) adalah normal atau mendekati normal. 
    • Statistik non- parametrik: inferensi statistik yang tidak membahas parameter- parameter populasi dengan ciri adalah data nominal atau ordinal serta distribusidata (populasi) yang tidak diketahui atau bisa disebut tidak normal
  3. Pembagian statistik (C)
    • Analisis univariat : dimana hanya ada satu pengukuran(variabel) untuk sejumlah (n) atau pengukuran beberapa variabel tapi masing- masing dianalaisistersendiri. Contoh: uji t, uji F, ANOVA, dll.
    • Analisis multivariat : dimana ada dua atau lebih pengukuran (variabel) untuk sejumlah (n) sampel dan analisis antar variabel dilakukan bersamaan (regresi,korelasi, dll).
Sumber
http://id.scribd.com/doc/38283644/BIOSTATISTIK
http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika
http://statistik-kesehatan.blogspot.com/2011/03/biostatistik.html

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top Enjoy to My Blog, Guyss!^^